Kamis, 25 Juli 2013

Kota 163 Huruf

Teman - Teman Suka traveling ? Bagaimana seandainya  jika kalian mau liburan ke daerah dengan nama yang " njelimet dan ribet "? Kemudian, ketika pulang dari liburan kalian mau cerita ke teman  teman yang lain dan bilangnya, "Eh, aku baru liburan dari Krung Thep Mahanakhon Amon Rattanakosin Mahinthara Yuthaya Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Burirom Udomratchaniwet Mahasathan Amon Piman Awatan Sathit Sakkathattiya Witsanukam Prasit, Loh..!,". Hehehe...



Berikut akan saya sajikan 10 nama kota dan tempat di dunia yang bisa membuat kamu berolahraga lidah. Coba saja kalau tak percaya,Enjoy it !

1. Krung Thep Mahanakhon Amon Rattanakosin Mahinthara Yuthaya Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Burirom Udomratchaniwet Mahasathan Amon Piman Awatan Sathit Sakkathattiya Witsanukam Prasit (Bangkok, dengan 163 Huruf)

Nama lengkap resmi Kota Bangkok (nama pemberian) yang diberikan oleh Raja Buddha Yodfa Chulaloke , dan kemudian diralat oleh Raja Mongkut, adalah Krung Thep Mahanakhon Amon Rattanakosin Mahinthara Yuthaya Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Burirom Udomratchaniwet Mahasathan Amon Piman Awatan Sathit Sakkathattiya Witsanukam Prasit (กรุงเทพมหานคร อมรรัตนโกสินทร์ มหินทรายุธยามหาดิลกภพ นพรัตน์ราชธานี บุรีรมย์อุดมราชนิเวศน์มหาสถาน อมรพิมานอวตารสถิต สักกะทัตติยะวิษณุกรรมประสิทธิ์,).Yang kira-kira kalau diartikan maka artinya  "Kota malaikat, kota besar, kota intan abadi, kota Dewa Indra yang tidak tergoyahkan, ibu kota agung dunia yang dikaruniai sembilan batu permata berharga, kota kebahagiaan, penuh dengan Istana Kerajaan yang sangat besar yang menyerupai surga dimana pemerintahan adalah reinkarnasi dewa-dewa, sebuah kota yang diberikan oleh Indra dan dibangun oleh Wisnu".
Sekolah-sekolah lokal mengajarkan anak-anak nama lengkap kota ini, meskipun hanya sedikit yang dapat menjelaskan artinya karena banyak dari kata-katanya yang kuno dan kini tidak dipakai lagi dalam bahasa lisan, juga tidak diketahui oleh kebanyakan orang. Nama lengkap Bangkok ini juga telah terdaftar di dalam Guinness Book of Records sebagai nama tempat terpanjang di dunia.


2.Taumatawhakatangihangakoauauotamateaturipukakapikimaungahoronukupokaiwhenuakitanatahu (Selandia Baru)
Nama sebuah bukit dalam Bahasa Mäori di Selandia Baru. Tempat ini tercatat dalam Guiness World Records sebagai tempat dengan nama terpanjang di dunia (85 huruf).






3. Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch (Inggris)

Nama Sebuah desa dalam Bahasa Welsh di daerah Anglesey, Wales, Inggris.








4. Chargoggagoggmanchauggagoggchaubunagungamaugg (Massachusets, US)

Danau dalam Bahasa Nipmuc ini merupakan danau dengan nama terpanjang di Amerika Serikat. Danau ini berlokasi di Massachusets.











5. Pekwachnamaykoskwaskwaypinwanik (Kanada)

Danau yang diberi nama menggunakan Bahasa Inuktitut ini berlokasi di Manitoba dan Nunavut, Kanada.


6. Przedmieście Szczebrzeszyńskie ((Polandia)
Daerah ini merupakan sebuah desa di Lublin Voivodeship, di Polandia bagian timur. Desa ini hanya memiliki populasi sebanyak 386 jiwa.












7. Beaujeu-Saint-Vallier-Pierrejux-et-Quitteur (Perancis)




Daerah ini berada di Haute-Saône wilayah Franche-Comté, Perancis sebelah timur.




8. Tweebuffelsmeteenskootmorsdoodgeskietfontein (Afrika Selatan)



Nama sebuah peternakan 200 km sebelah barat Pretoria, Afrika Selatan bagian barat laut.















9. Äteritsiputeritsipuolilautatsijänkä (Finlandia)
Nama sebuah rawa di Finlandia ini merupakan nama tempat yang terpanjang dalam 1 kata di Finlandia.


10.Gorsafawddacha'idraigodanheddogleddollônpenrhynareurdraethceredigione (Inggris)





Ini adalah nama stasiun kereta api kecil di Gwynedd, Wales sebelah barat. Nama ini dipilih untuk mengalahkan popularitas Desa Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch yang juga berada di daerah Wales.



* Berbagai Sumber





 

0 komentar:

Posting Komentar